Back to top
Selamat datang di Media Online Aceh News
||==> MARI KITA DOAKAN SAUDARA KITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2004 >==||

Pelantikan Pji Aceh, Mendorong Peningkatkan SDM di Bidang Jurnalistik

Sunday 21 January 2018 0 Komentar

Staf Ahli Gubernur Abdul Karim menanda tangani Fakta Integritas Persatuan Jurnalistik Indonesia yang disaksikan langsung Ketum PJI pusat Basynursyah (kiri) dan ketum DPW PJI Aceh Khairul Abral di aula Arafah asrama Haji Banda Aceh, Kamis (18/01/2018) 
BANDA ACEH | Para Penggurus organisasi pers Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Jurnalistik Indonesia (DPW PJI) Aceh periode 2017 - 2022, Kamis (18/11/2017). di Aula Asrama Haji Banda Aceh telah dilakukan prosesi pelantik oleh Basynursyah Psi.MM, selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Jurnalistik Indonesia (DPP PJI)

Usai dilantik, Khairul Abrar selaku Ketua PJI Aceh, Dalam kata sambutannya mengatakan, diawal kepengurusan ini akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pengurus dan anggota dengan berbagai kegiatan-kegiatan jurnalistik.

“Program awal kita meningkatkan kapasitas dan kualitas melalui pelatihan dan mengadakan uji kompetensi jurnalis (UKJ),” jelasnya

Pada kesempatan yang sama ketua umum DPP PJI, Basynursyah meyampaikan, kepada para pengurus DPW PJI Aceh yang telah di lantik, supaya selalu menjaga kekompakan dan terus belajar agar dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di bidang jurnalistik.

“Jangan malu untuk bertanya dan belajar kepada yang lebih senior, usia tidak menentukan kualitas sebagai wartawan, tapi banyak belajarlah yang menentukan kualitas”, kata Basynursyah.

Ia berharap kepada wartawan, khusunya yang telah bergabung di dalam organisasi PJI, untuk tidak mencari kesalahan pemerintah, akan tetapi bagaimana cara agar memberikan solusi bagi pemerintah.

“Jangan lagi kawan-kawan yang di PJI itu lebih suka mencari kesalahan-kesalahan pemerintah, tapi bagaimana wartawan itu menjadi soluser dan memberi solusi kepada pemerintah dalam pembangunan khususnya di Aceh,” ujar Basynursyah.

Dia menyampaikan, organisasi PJI ini sudah memiliki kepengurusan di 11 provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Aceh.

“Walaupun masih baru, kita melihat bahwa potensi wartawan di Aceh cukup bagus, ini perlu dikembangkan dan ditingkatkan SDMnya, sehingga wartawan yang tergabung di PJI ini bisa memberikan kontribusi yang sifatnya membangun kepada Provinsi Aceh,” imbuhnya .

Selanjutnya, Abdul Karim staf Ahli Gubernur dalam kata sambutannya mengatakan, saat ini pers tidak lagi didominasi media-media mainstream seperti media cetak, radio dan televisi, tapi sudah berkembang dengan munculnya media-media online dengan informasi yang lebih cepat dan mudah diakses

“Tak heran jika semua orang bisa mengklaim sebagai wartawan, akibatnya, potensi pelanggaran hukum atas kebebasan pers semakin sering terjadi, untuk mengatasi hal ini, peran organisasi pers sebagai wadah membina, mendidik dan meningkatkan kapasitas wartawan sangat dibutuhkan, dalam kaitan itu, DPW PJI Aceh telah hadir guna memperkuat posisi organisasi pers,” kata Abdul Karim. .

Ditambahkannya, Meskipun organisasi PJI tergolong sangat muda bahkan pengurus yang dilantik merupakan pengurus PJI pertama di Aceh, namun, semangat profesionalisme anggota organisasi tidak kalah dengan anggota pengurus organisasi pers yang sudah ada sebelumnya. Kehadiran PJI di Aceh jangan dianggap sebagai pesaing bagi organisasi pers yang sudah ada, tapi justru sebagai penguat dalam upaya menciptakan karya jurnalis yang profesional.

”Saya yakin, semakin propesional para wartawan dalam menjalankan tugasnya, maka semakin kecil peluang terjadi konflik antara pers dengan pihak-pihak yang diberitakan”, imbuhnya.
.
Adapun kepengurusan PJI Aceh yang dilantik:
Ketua Umum: Khairul Abrar. Wakil Ketua: Saifullah Sanusi, Deni Saputra, Yoyon Pardianto. Sekretaris: Kasmanuddin, Wakil Sekretaris: Delki Nofrizal, Ismi Amran dan Putri Ulan Dari. Bendahara: Aidaswin. Wakil Bendahara, Sulaiman Yusuf, Azman Anelri dan Noni Soraya, dan pengurus personalia lainnya.


Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Aceh News - All Rights Reserved

Distributed By Aceh News | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile JOIN AS WWW.ACEH NEWS.COM PLEASE CONTACT : 08126943363

Proudly powered by Aceh News