Back to top
Selamat datang di Media Online Aceh News
||==> MARI KITA DOAKAN SAUDARA KITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2004 >==||

Di Banda Aceh Kini Tersedia Kosen Bekas

Friday 1 April 2016 1 Komentar

Salah seorang ibu menggunakan sepeda motor roda dua membonceng anaknya, melintasi tempat penjualan kosen bekas di Jalan AMD Gampong Penyeurat, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Jum’at (01/04/2016)

BANDA ACEH | Kini mulai dari Jalan AMD hingga ke Jalan T.Dhilong Gampong Penyeurat Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, para pedagang  barang bekas menjadikan sepanjang jalan tersebut sebagai tempat menjual Sejumlah barang bekas seperti kosen, jendela, pintu bekas dan seng yang masih layak untuk diguakan, bagi anda yang ingin membangun rumah dan membutuhkannya bisa datang langsung ke jalan tersebut

Meski berstatuskan sudah pernah dipakai dan fisik yang terlihat tidak sebagus dengan yang baru, kosen-kosen bekas tersebut rupanya digandrungi oleh sejumlah masyarakat. Mereka yang menggandrungi kosen-kosen bekas ini menilai kosen bekas memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang kosen baru. Apalagi, harga kosen bekas jauh lebih murah dibanding dengan yang baru.

iwan (30), salah seorang pembeli kosen, yang ditanyai wartawan media ini, mengapa memilih kosen bekas, ia menjawab, karena dinilai dari kualitas kosen-kosen bekas lebih bagus ketimbang kosen baru. Pria yang baru saja menetap di Jl AMD ini memutuskan untuk memasang daun pintu dan jendela yang dibeli dari tempat penjualan kosen-kosen bekas.

“Saya membeli daun pintu dan jendela tersebut, malah sudah lengkap dengan kacanya, itu satu set dengan total harga sanggat terjangkau kantong", kata iwan, Jum’at (01/04/2016) pada media ini.

Iwan mengatakan, alasan dirinya membeli daun pintu bekas dan jendela yang sudah pernah dipakai oleh orang lain bukan hanya faktor harganya yang murah saja. Ia yakin, kualitas kayu dari daun pintu  dan jendela lebih bagus ketimbang yang baru karena kayunya sudah tua.

ia beranggapan, kayu kosen yang sudah tua tidak akan renggang setelah dipasang menjadi pintu dan jendela, beda dengan kosen baru yang diyakini lebih muda sehingga nantinya akan merenggang saat sesudah dipasang.

iwan, yang keseharianya bekerja sebagai kepala tukang, sudah mengetahui banyak tetang kayu tua dan muda, ia Sudah hampir satu tahun mengerjaka pemasangan daun pintu dan jendela yang terbuat dari kayu bekas, sama sekali tidak ada yang renggang usai dipasangnya, sehingga masih rapat dan bertahan di posisi semula. dibandingkan dengan milik tetangganya, yang membeli daun pintu dan jendela baru, kini malah sudah renggang sehingga sering berbunyi ketika ditiup angin.

"Saya berencana akan kembali membeli daun pintu yang terbuat dari kayu bekas untuk pintu dapur. Soalnya, saya sudah merasakan sendiri kulitasnya. Lagian, harganya juga lebih murah," kata iwan

Menurut salah seorang pedagang yang berjualan barang bekas tersebut, setiap hari rata-rata tingkat kunjungan masyarakat yang datang ke tempatnya mencapai hingga 50 orang. 


“Kebanyakan dari mereka yang datang kesini untuk membeli kosen, daun pintu dan seng. Semua kusen dan pintu merupakan kayu rekondisi. Kosen-kosen ini semua bekas bongkaran rumah di wilayah setempat,” terangnya. 



Dia mengaku telah menjalani bisnis penjualan kosen, jendela dan pintu bekas tersebut baru beberapa bulan ini dan daya beli masyarakat juga tinggi, Biasanya dalam sebulan menghasilkan pendapatan maksimum yang alhamdulillah lumayan”, katanya


Sementara itu, Wahyu (32), warga Punge Jurong yang baru saja tiba di lokasi tempat penjual kosen bekas mengaku datang ke tempat ini, ingin mencari kusen dan pintu. Dia mengklaim kayu yang dijual di tempat penjualan barang bekas ini memiliki kualitas tinggi dengan harga terjangkau. 



“Harga jual kusen, pintu, jendela dan lainnya, relatif terjangkau jika dibandingkan dengan membeli baru di toko atau tempat prabot/panglong kayu. Apalagi kosen yang di jual disini memiliki kualitas tinggi karena merupakan bongkaran dari rumah-rumah lama”, ujar Wahyu mengakhiri. 




Share this article :

+ Komentar + 1 Komentar

Sunday 26 January 2020 at 23:17:00 GMT+6:30

Bg saya mw jual kosen seken. Bg mw gk

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Aceh News - All Rights Reserved

Distributed By Aceh News | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile JOIN AS WWW.ACEH NEWS.COM PLEASE CONTACT : 08126943363

Proudly powered by Aceh News