Back to top
Selamat datang di Media Online Aceh News
||==> MARI KITA DOAKAN SAUDARA KITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2004 >==||

FKPT Gelar Koordinasi terkait Pencegahan Radikalisme dan Ekstrimisme di Wilayah Aceh

Saturday 25 November 2017 0 Komentar

BANDA ACEH | Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Aceh, Sabtu, (25/11/2017) melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan kali ini membahas terkait "Pemetaan Alternatif Langkah-Langkah Strategis dan Pendekatan yang Tepat Dalam Upaya Pencegahan Radikalisme dan Ektremisme di Wilayah Aceh (Perspektif Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hukum)”.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh Prof. Dr. Yusni Sabi, MA, sekira pukul 09.00 hingga berakhir 12.30 di Ruang Memorial Perdamaian Aceh Kantor KESBABGPOL Aceh

Ketua FKPT Aceh, Prof. Dr. Yusni Sabi, MA dalam sambutannya mengatakan, bahwa hasil Pemetaan tersebut nantinya dapat menjadi masukan penting dan sangat berharga bagi Pemerintah Aceh dan juga Pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Aceh dalam upaya mengoptimalkan peran Pemda Aceh serta berbagai komponen sipil di masa mendatang dalam upaya pencegahan bertumbuh kembangnya paham/keyakinan/gagasan radikalisme dan ekstremisme di Aceh.

Menurut Yusni Sabi, upaya pencegahan berkembangnya paham/gagasan radikalisme dan ekstremisme bukanlah merupakan tanggungjawab Pemerintah semata, melainkan merupakan tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa, termasuk Pemda.

Ketua panitia Kurniawan S, S.H., LL.M selaku Kepala Bidang Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hukum (Kabid EKOSOSBUDKUM) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh yang juga sebagai penanggungjawab pelaksanaan FGD tersebut dalam laporannya mengatakan, FGD kali ini diselenggarakan sebagai refleksi akhir tahun FKPT Aceh tahun 2017 sekaligus upaya pelibatan para tokoh Ekonomi, Sosial Budaya dan Hukum dalam memetakan alternatif langkah strategis beserta pendekatan yang tepat dalam upaya pencegahan radikalisme dan ekstrimisme di Aceh.

"Hasil Pemetaan tersebut kiranya dapat menjadi masukan penting bagi Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI dalam upaya pencegahan berkembangnya ide/gagasan/paham radikalisme dan ekstremisme di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Aceh di masa mendatang", tegas Kurniawan S.

Dalam kordinasi tersebut turut hadir sebagai narasumber beberapa perwakilan tokoh aktifis dan sejumlah peneliti diantaranya, Muhammad MTA (Penasehat Khusus Gubernur Aceh Bidang Politik dan Keamanan), Thamren Ananda, Wiraadmanita, S.H., M.H (Dekan Fakultas Hukum Abulyatama), Nur Maida Atmaja (Ketua Dewan Kesenian Aceh - DKA), T. Yanuarsyah (Dewan Pakar Dewan Kesenian Aceh - DKA), T. M. Zulfikar (Aktifis Lingkungan dan Sosial), Nab Bahany AS (Praktisi Budaya Aceh), Munzami HS (Direktur Eksekutif IDEAS dan Pengamat Ekonomi Aceh), Marzi Afriko (Peneliti Aceh), Raihal Fajri (Direktur Yayasan KATAHATI Institute), Sehat Ihsan Shadiqin (Akademisi UIN Ar Raniry), Syuqaira El Humaira (Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Aceh - P3KA), Fadhilla (peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Aceh - P3KA),

Adapun Para tim Pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh di Ketuai oleh Prof. Dr. Yusni Sabi, MA, Sekretaris - Nasir Zalba, Kabid Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hukum (EKOSOSBUDKUM) - Kurniawan S, S.H., LL.M, Kabid Penelitian - Mukhlisuddin Ilyas, Kabid Media - Arif Hamdan


Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Aceh News - All Rights Reserved

Distributed By Aceh News | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile JOIN AS WWW.ACEH NEWS.COM PLEASE CONTACT : 08126943363

Proudly powered by Aceh News