Back to top
Selamat datang di Media Online Aceh News
||==> MARI KITA DOAKAN SAUDARA KITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2004 >==||

FKH Unsyiah bersama MPR Gelar FGD di The Pade Hotel

Tuesday 28 November 2017 0 Komentar

BANDA ACEH | Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di The Pade Hotel, Senin (27/11/2017). FGD ini mengusung tema: "Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Nasional dalam UUD NRI Tahun 1945 yang dimoderatori oleh Kurniawan S, S.H., LL.M (Akademisi Hukum Tata Negara Universitas. Syiah Kuala

Ketua Panitia Mustakim, S.H., M.Hum., M.Kn, menyebutkan, FGD ini merupakan wujud kerjasama antara Fakultas Hukum Unsyiah Aceh dengan MPR RI melalui Badan Pengkajian MPR RI yang merupakan wujud peran dan kontribusi serta dedikasi Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dalam upaya mendorong agar keberadaan Pancasila sebagai Dasar Negara sekaligus sebagai Ideologi Nasional dalam Bingkai NKRI. sementara itu para peserta FGD berasal dari kalangan akademisi.

FGD tersebut dibuka langsung Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Samsul Rizal, M. Eng. Dalam Kata Sambutannya, beliau menegaskan, keberadaan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Nasional bagi bangsa Indonesia merupakan suatu keharusan dan tidak dapat tawar tawar lagi. Nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila seyogyanya dapat termanifestasikan pada prilaku, sikap dan mentalitas rakyat Indonesia secara kolektif, tegas Samsul.

Selanjutnya, Staf Ahli Badan Pengkajian MPR RI, M. Reza ikut memberi kata sambutan, yang menyampaikan, bahwa Paska bergulirnya reformasi gagasan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Nasional seakan hilang dari berbagai dialektika kehidupan masayakat İndonesia bahkan diantara kalangan penyelenggara negara.

Masih menurut M. Reza, hingar bingar suara kebebasan paska reformasi telah membuat masyarakat lupa akan arti pentingnya Keberadaan Pancasila dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Turut hadir 3 (tiga) orang Narasumber Pemancing pada FGD tersebut, yaitu Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL, MA, Prof. Dr. Faisal A. Rani, S.H., M.Hum dan Dr. Rusli

Adapun para pemateri, Dr. Azhari Yahya, MCL, MA yang memberi materi terkait Pelaksanaan Konsep Ekonomi Pancasila di Indonesia. Adapun Prof. Dr. Faisal Rani menyampaikan materi terkait Pancasila sebagai Ideologi Nasional dalam Sistem Hukum Indonesia. Sementara Dr. Rusli menyampaikan materi terkait Pancasila sebagai Ideologi Nasional serta Tantangannya di Era Globalisasi.
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Aceh News - All Rights Reserved

Distributed By Aceh News | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile JOIN AS WWW.ACEH NEWS.COM PLEASE CONTACT : 08126943363

Proudly powered by Aceh News