Back to top
Selamat datang di Media Online Aceh News
||==> MARI KITA DOAKAN SAUDARA KITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2004 >==||

Melihat Manuskrip Nabi Muhammad yang Indah

Sunday 29 October 2017 0 Komentar

BANDA ACEH | Naskah-naskah kuno yang berkaitan dengan Shalawat serta puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW masih tersimpan di Aceh, mayoritasnya dihiasi dengan iluminasi dan ilustrasi yang indah. Keindahan naskah kuno tersebut menghias teks-teks yang memuji keagungan Nabi Muhammad SAW.  Biasanya hiasan tersebut ditempatkan pada awal halaman dan di akhir halaman, sebagai penghormatan, serta kemuliaan kepada Nabi Muhammad SAW yang paling mulia.

Hadirnya naskah-naskah kuno (manuskrip) yang indah dengan beragam hiasan menunjukkan kecintaan para orang-orang terduhulu yang menjunjung kelahiran dan kehidupan Nabi dengan teks-teks selawat kepada Nabi, biasanya teks-teks seperti Dalail al-Khairat, Selawat Nabi dan Barzanji lainnya akan menghiasi indahnya tulisan-tulisan pujian tersebut.

Pemilik kuliner Apam Aceh, Mukhlis Abubakar memperlihatkan kepada wartawan media ini melalui ponselnya beberapa manuskrip miliknya yang telah diposting di situs hermankhan.com. Ia bangga melihat manuskrip koleksi miliknya yang telah di posting oleh Herman melalui situsnya itu. Menurut Mukhlis, saat ini masih banyak naskah kuno yang tersimpan di tempatnya. Selain itu, ada pula sejumlah naskah kuno yang masih dipegang oleh pemiliknya masing-masing di sejumlah daerah.

Mukhlis menjelaskan, kondisi manuskrip saat ini terancam mengalami kerusakan. Karenanya, dibutuhkan langkah digitalisasi agar keberadaan naskah yang tak ternilai harganya itu tetap dapat di simpan dengan baik. kalau tidak terus rusak dimakan usia. Karena itu, beliau berharap ada upaya digitalisasi untuk menyelamatkan naskah kuno tersebut.

"Ya bisa semakin terancam rusak (jika tidak di digitalisasi Red)", kata Mukhlis, di tempat usaha kulinernya yang beralamat di Jalan Peulangi Nomor 17 (Dekat SMA Adidarma) Kampung Mulia Banda Aceh, beberapa watu lalu.

Lanjut Mukhlis, nantinya akan membuka galeri tempat penyimpanan sejumlah naskah-naskah kuno beserta Guest House, dan bagi para penggunjung yang ingin melihat naskah-naskah tersebut dapat menggunjungi tempat yang nantinya akan dibuka tersebut


Mukhlis berharap, ada upaya digitalisasi naskah-naskah kuno di Aceh. Dengan demikian, keberadaannya tetap terjaga dan tidak rusak hingga generasi penerus yang akan datang dapat dengan mudah melihatnya
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Aceh News - All Rights Reserved

Distributed By Aceh News | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile JOIN AS WWW.ACEH NEWS.COM PLEASE CONTACT : 08126943363

Proudly powered by Aceh News