Penyerahan
Buku Bacaan Berjenjang secara simbolis dari Pimpinan Usaid Prioritas kepada
Kakankemenag Banda
Aceh
BANDA ACEH | Koordinator Usaid Prioritas Provinsi Aceh, Ridwan Ibrahim pada pelatihan Modul III untuk tingkat sekolah SD dan MI Mitra LPTK, mengatakan, membaca merupakan ketrampilan hidup yang paling penting, untuk menjamin keberhasilan setiap orang. Agar ia terampil dalam membaca, siswa perlu diberi banyak kesempatan untuk membaca buku yang relevan maupun tingkat kemampuan membaca isi bacaan dari buku tersebut.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh Amiruddin, Selasa, (22/3/2016) Secara resmi membuka Pelatihan tersebut, Dia mengapresiasi Usaid Prioritas yang sudah berkontribusi bagi
peningkatan kualitas pendidikan dasar terutama untuk Madrasah.
“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong motivasi serta berdampak pada peningkatan kualitas tenaga pendidik di Banda
Aceh, ia juga berpesan agar peserta dapat
meningkatkan ketrampilan membaca melalui pelatihan ini. ujarnya
Pelatihan tersebut digelar selama tiga hari, diikuti120 tenaga pendidik yang berasal dari 12 SD/MI
mitra LPTK Unsyiah dan UIN Ar Raniry. Para Peserta di kelompok
kelas awal mendapatkan kompetensi pelatihan Buku Bacaan Berjenjang (B3). B3
dikembangkan berdasar tingkat kemampuan membaca siswa sehingga memudahkan siswa
untuk memahami dan menikmati buku yang dibacanya.
“Untuk mengembangkan program B3, Usaid Prioritas bekerjasama dengan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) dalam
penyusunan materi buku pelatihan kepada para tenaga kependidikan agar tepat
sasaran. kepada para Guru, kepala
sekolah dan pengawas yang sudah dilatih dalam pelatihan modul III ini, diharapkan dapat mempraktikkan kembali B3 agar siswa terampil dalam membaca. Kami akan menghibahkan buku B3
kepada sekolah ini sebanyak 628 buku
persekolah, atau totalnya 7.536 buku untuk 12 sekolah”, kata Ismail, Kordinator LPTK Usaid Prioritas. Karena buku bacaan B3 ini sangat membantu siswa belajar dalam membaca di sekolah
Dalam kesempatan tersebut, salah seorang anggota DPRA, Bardan
Sahidi, yang berkesempatan hadir untuk melihat proses pelatihan, berbagi kiat
menggiring siswa agar mereka senang membaca dan cinta buku, Metode mengajak
siswa mencintai membaca diantaranya secara Informatif agar terdorong rasa ingin tahu siswa dengan cara menerangkan gambar-gambar yang
membuat mereka senang untuk dilihatnya
“Rekreatif membaca dilakukan dalam
suasana santai sambil bercerita, sehingga siswa merasa nyaman, misalnya dilakukan di taman atau ditempat terbuka serta Inovatif ,adanya hal-hal baru untuk memudahkan
siswa dalam mengembangkan imajinasi dan keterampilannya”
Lanjut Bardan. selaku Anggota DPRA sangat mengapresiasi Buku Bacaan Berjenjang B3 merupakan
metode alternatif yang menarik siswa untuk melafalkan kata, kelancaran membaca
dan memahami isi bacaan dengan sangat mudah
“Buku Bacaan Berjenjang ini diharapkan dapat diterapkan di sekolah, sudah sangat tepat dipraktikkan agar siswa
lebih senang membaca dan memahami isi bacaannya,” kata bardan usai pelatihan.
Post a Comment